Cara Mudah Membuat Email di Gmail

logo gmailApakah masih ada diantara sobat yang belum bisa membuat email? Tenang aja, kali ini saya akan memberikan tutorial membuat email di gmail.

Membuat email sebenarnya adalah pengetahuan dasar yang harus dimiliki oleh seorang yang hidup di jaman teknologi informasi seperti sekarang ini. Email sangat penting untuk berbagai aktivitas di internet. Terutama ketika akan mendaftar untuk menjadi member suatu website. Salah satu contohnya adalah untuk mendaftar facebook, twitter, instagram, dan lain-lain.

Oke, cukup sudah basi basinya :), sekarang kita lanjut bagaimana caranya membuat email di gmail. Namun perlu diketahui bahwa yang akan kita buat ini adalah akun google yang bisa di pakai untuk semua produk-produknya google seperti blogger, youtube, play strore, dan masih banyak lagi. Jadi jika sobat kedepannya akan menggunakan prosuk google tadi maka sudah tidak perlu mendaftar lagi. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

Masuk ke http://www.gmail.com, atau https://mail.google.com/mail/. Setelah masuk klik tulisan “Buat akun”

membuat akun gmailSetelah itu akan muncul form pendaftaran yang harus sobat isi seperti dibawah ini.

membuat akun gmail-2Isi satu per satu data yang dibutuhkan

  1. Isi dengan nama depan dan nama belakang sobat, jika nama hanya suku kata maka di kolom nama belakang cukup isikan koma (,) saja.
  2. Pilih nama alamat email yang sobat inginkan, jika muncul tulisan berwarna merah itu artinya nama yang sobat masukkan sudah ada yang punya. Jadi harus cari nama lain atau klik nama yang disarankan saja.
  3.  Isikan password yang sobat inginkan. Jangan terlalu mudah, pakai kombinasi huruf, angka, karakter unik atau huruf besar.
  4. Isi lagi passwordnya sobat. Harus sama dengan yang nomor 3
  5. Isi tanggal lahir mulai dari tahun bulan dan tanggal.
  6. Pilih jenis kelamin.
  7. Isikan nomor handphone sobat. Pastikan isi dengan nomor yang masih aktif karena biasanya akan digunakan untuk menerima sms kode verifikasi.
  8. Isi captcha sesuai dengan gambar yang tertera.
  9. Pilih lokasi Indonesia.
  10. Centang kotak kecil yang bertuliskan “Saya menyetujui persyaratan dll…”. Kemudian klik tombol “Langkah berikutnya”.

Setelah itu anda akan menuju ke halaman verifikasi seperti dibawah ini. Periksa kembali nomor handphone sobat apakah sudah benar atau belum. Kemudian pilih yang Pesan teks (SMS) dan klik lanjutkan.

membuat akun gmail 3Jika sudah, Google akan mengirimkan kode verifikasi ke handphone sobat. Setelah sms diterima, lihat kodenya dan masukkan kodenya pada kotak yang sudah disediakan seperti di bawah ini, lalu klik lanjutkan.

membuat akun gmail 4Jika kode yang sobat masukkan benar, maka akan langsung menuju ke halaman profil. Kalau sobat mau menambahkan foto silahkan ditambah. Jika tidak klik tombol “langkah berikutnya”.

membuat akun gmail 5Selamat, sekarang sobat sudah mempunyai alamat email sendiri. Klik “Lanjutkan ke Gmail” untuk masuk ke inbox email sobat.

membuat akun gmail 6Jika sobat memiliki internet yang kencang, maka biarkan saja loadingnya berjalan. Namun jika internetnya lambat, sobat bisa masuk ke gmail versi sederhana dengan mengklik link di sebelah kanan bawah.

membuat akun gmail 7Dan beginilah kira-kira tampilan inbox gmail setelah sobat berhasil masuk.

membuat akun gmail-8Setelah punya akun email, sekarang sobat bisa mulai mengirim dan menerima email. Selain itu  juga bisa dipakai untuk berbagai keperluan seperti mendaftar Facebook, Twitter, dan lain – lain.

Mungkin hanya ini yang bisa saya tuliskan. Semoga tutorial kali ini bermanfaat bagi sobat semua. Bila masih ada yang bingung bisa tinggalkan komentar di bawah.

 

Leave a comment